Daya Tarik Danau Poso


Pemandangan Danau Poso Berada di ketinggian sekitar 657 mdpl, Danau Poso memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan. Dengan dikelilingi perbukitan dan area hutan, pengunjung bisa menikmati pemandangan alami sambil menghirup udara yang sejuk.

Dengan pantai pasir putih bersih yang memantulkan cahaya matahari, serta ekosistem danau yang masih terjaga, membuat pemandangan Danau Poso terlihat segar.

Air Yang Jernih
Danau Poso memiliki perairan yang sangat jernih. Walaupun di musim hujan banjir datang dari sungai-sungai yang mengarah ke danau ini, perairan Danau tidak menjadi keruh dan tetap jernih. Di Danau ini pengunjung bisa menemukan suasana yang tidak jauh berbeda seperti di pantai-pantai tepi laut.

Warna air yang hijau bening bagian tepi danau dan biru laut di bagian tengah danau. Ini akan membuat pengunjung serasa berada di tepi laut yang indah. Nmaun tanpa terganggu oleh deru suara ombak.

Bermain Air
Pengunjung danau sebaiknya ingat untuk membawa baju ganti saat berwisata ke danau ini. Beningnya air danau merupakan Godaan yang kuat untuk masuk ke dalamnya dan berenang. Berenang di perairan Danau Poso yang bening dan tenang sungguh menyenangkan.

Pada umumnya, pasir putih dapat Anda jumpai di tepian pantai. Namun kali ini, Anda bisa menjumpai pasir putih di pinggir sebuah danau. Hamparan pasir yang terdapat di tepi danau terdiri dari 2 warna, yaitu putih dan kuning keemasan.

Di sekitar tepian danau, pada perairan yang dangkal, pengunjung tidak akan menemukan batu karang di dasar perairan. Pasir dua warna yang menutupi pantai danau ini, juga menutupi dasar perairan sampai ke wilayah yang dalam. Sehingga sangat aman bagi Anda untuk bermain-main di perairan dangkal.

Kaki tidak akan sakit atau perih karena di dasarnya tidak ada batu karang. Mata juga tidak akan meras perih serta tenggorokan Anda tidak akan sakit, karena air di Danau Poso bukan adalah air tawar, bukan air asin.

Jelajah Danau
Jika pengunjung ingin berjalan-jalan menyusuri perairan Danau Poso, mereka bisa menyewa perahu motor yang disediakan di sekitar tepi danau. Dalam bahasa lokal perahu motor itu disebut ketingting. Dengan berkeliling menyusuri danau, pengunjung akan menemukan pemandangan-pemandangan yang menakjubkan.

Pengunjung akan melihat kehidupan keseharian masyarakat setempat, seperti memancing, menjala ikan, atau budidaya ikan di keramba-keramba. Bagi pengunjung yang hobi memancing, bisa melakukan aktivitas kesukaan tersebut di danau ini.

Jika beruntung, Anda akan mendapatkan Ikan Sidat atau Ikan Sogili yang besarnya mencapai 2 meter. Ikan ini adalah ikan endemik Danau Poso, dan merupakan ikan air tawar terbesar di jenisnya.

Pemandangan di sekeliling Danau Poso juga tak kalah menarik. Pegunungan dan hutan yang masih asri mengelilingi danau ini. Sesekali Anda akan melihat beberapa jenis burung terbang melintas, atau berkicau di sekitar rimbun hutan.

Situs Keramat Dan Goa
Di beberapa tempat, terlihat sekumpulan batu-batu besar yang muncul dari dalam danau, seakan seperti sebuah kompleks batu yang terapung. Masyarakat setempat menamai kompleks batu tersebut dengan sebutan Watu Ngonggi dan Watu Asa Mpangasa Angga. Watu Ngonggi adalah sekumpulan batu-batu yang bisa mengeluarkan bunyi jika dipukul.

Watu Pangasa Angga, berarti batu tempat roh–roh halus mengasah pisau, parang. Parang dalam bahasa pamona disebut “penai.”
Konon dari cerita di masyarakat, di tempat itu sering muncul makhluk gaib dari kerajaan di dasar Danau Poso untuk mengasah penai mereka. Kabarnya, ia dibuktikan dengan goresan datar, layaknya orang selesai mengasah di atas batu, dan air biasa terlihat menetes walaupun air danau sedang surut.

Di sekitar Danau Poso wilayah Desa Tentena, Anda juga bisa menemukan beberapa gua. Gua-gua tersebut cukup dalam, bahkan ada gua yang kedalamannya sampai ke dasar danau.

Taman Anggrek
Di salah satu sisi Danau Poso, pengunjung bisa mengunjungi Konservasi Anggrek terbesar di Indonesia, yaitu Taman Wisata Alam Bancea. Di taman seluas 5.000 Ha ini, pengunjung bisa menikmati keindahan bunga anggrek dari berbagai jenis. Salah satu anggrek unggulan  dari koleksi taman ini adalah Anggrek Hitam yang langka.

Pengunjung bisa beristirahat sebentar di taman bunga yang berlatar belakang Danau Poso ini, sembari mengabadikan momen dengan berfoto ria.

Popular posts from this blog

5 Danau Pilihan Di Luar Negeri

Poker Wars Yield Bonanza

Danau Poso Miliki Pasir 2 Warna